Menag Tinjau Kesiapan Rusunawa Riau Sebagai Asrama Jamaah Haji

By Admin

nusakini.com--Di sela-sela kunjungannya ke Pekanbaru, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meninjau gedung rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Pekerja di Pekanbaru. Ikut bersama Menag, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Pgs Kepala Kanwil Prov. Riau Mahyudin. 

Gedung Rusunawa yang terletak di belakang Rumah Sakit Awal Bros jalan Sudirman Pekanbaru direncanakan akan digunakan sebagai asrama haji bagi Jamaah Calon Haji (JCH) Provinsi Riau. Provinsi Riau selama ini hanya memiliki embarkasi antara. Sementara JCH Prov Riau diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Bandara Hang Nadim Batam.  

Dengan hadirnya asrama haji di Gedung Rusunawa ini, para JCH Riau sudah bisa terbang dari bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II lalu transit saja di Batam dan langsung terbang ke Arab Saudi. Mereka tidak harus menginap lagi di Batam. Oleh karena itu, kebutuhan akan asrama haji di Provinsi Riau sangat diperlukan.  

Menag berharap persiapan Rusunawa sebagai asrama haji terus disiapkan agar lebih matang. Sebab, jumlah JCH Provinsi Riau merupakan jamaah haji terbanyak yang diberangkatkan dari embarkasi Batam. 70% dari total JCH yang tergabung dalam embarkasi Batam berasal dari Riau. 

“Kami di Kementerian Agama sangat mengharapkan embarkasi antara akan semakin memperlancar proses pengurusan pemberangkatan jamaah haji kita ke Tanah Suci,” tutur Menag. Namun demikian, Menag bahwa semua berpulang pada kesiapan masing-masing embarkasi. 

Setelah peninjauan ini, Menag menyimpulkan bahwa Gedung Rusunawa sudah cukup memadai untuk menampung Jemaah Calon Haji Provinsi Riau (JCH). (p/ab)